Begini Cara Buka WhatsApp Web Tanpa Scan Kode QR

Sebagai salah satu aplikasi chatting terpopuler di dunia, WhatsApp tentunya sangat memperhatikan privasi penggunanya. Salah satu bentuk upaya ini adalah meminta kode QR ketika kita ingin mengakses WhatsApp Web di komputer.

Caranya buka WhatsApp Web di PC dengan fitur WhatsApp Web/Desktop di aplikasi. Ketika kode QR muncul di layar komputer Anda, Anda harus memindainya dengan ponsel cerdas Anda.

Beberapa orang menganggap “protokol” untuk membuka WhatsApp Web sangat bermasalah. Sebenarnya, ini dilakukan untuk melindungi setiap pengguna. Pemindaian QR bekerja seperti ‘stempel’. Tanpa itu, akun WhatsApp kita bisa dibuka secara bebas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jika Anda masih mengalami masalah dengannya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melewati langkah ini. Begini caranya.

1. Gunakan fitur keep me signed in

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan fitur Tetap login di WhatsApp Web. Berikut cara mengaktifkannya:

  1. Buka www.whatsapp.com;
  2. Anggaplah ini pertama kalinya kamu membuka WhatsApp Web. Di bawah kode QR yang tersedia, centanglah opsi “Keep me signed in”;
  3. Lalu scan QR tersebut untuk masuk ke WhatsApp.

Dengan begitu, Anda hanya perlu memindai QR satu kali. Mulai sekarang, Anda tidak perlu melakukan ini lagi karena WhatsApp sudah mengingat akun Anda. Anda tetap membutuhkan smartphone dengan internet aktif saat ingin mengaksesnya kembali. Tapi setidaknya, cara ini bisa menghemat waktu, ya.

2. Download aplikasi WhatsApp di PC

Metode selanjutnya adalah mengunduh WhatsApp Desktop untuk PC. Anda bisa mendapatkannya melalui situs resmi mereka, Microsoft Store, atau App Store di Mac. Saat diunduh, Anda tidak perlu login berkali-kali untuk mengaksesnya. Namun sebelum itu, pastikan proses verifikasi sudah terpasang dan dijalankan dengan benar.

Berita Lainnya  Waspada ! Lindungi Komputer Kamu Dengan Antivirus

Secara fungsional, WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop kurang lebih sama. Namun layar desktop terlihat full screen, bisa menampilkan pesan masuk secara popup, dan bisa digunakan tanpa harus sering login.

3. Gunakan bantuan aplikasi BlueStacks

Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan aplikasi emulator bernama BlueStacks untuk PC. Anda dapat menemukannya di berbagai situs web. Setelah diinstal, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka aplikasi tersebut;
  2. Pada kotak pencarian di bagian atas, ketiklah “WhatsApp”;
  3. Klik Install;
  4. Setelah proses download selesai, masukkan nomor telepon dan lakukan verifikasi OTP;
  5. Setelah itu, WhatsApp di PC pun siap dipakai tanpa perlu log in dengan kode QR berkali-kali.

Metode ini memiliki satu keunggulan dibandingkan yang lain. Anda tidak perlu memastikan smartphone Anda terhubung ke internet dan dihidupkan untuk mengakses WhatsApp melalui PC.

4. Gunakan aplikasi emulator yang tersedia untuk PC

Selain BlueStacks, masih banyak emulator lain yang bisa kamu coba. Misalnya Koplayer, Andy Android Emulator, Dolphin, dll. Namun penting untuk diketahui bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga tidak disarankan. Karena Anda tidak tahu siapa yang akan menyimpan data pribadi Anda.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengakses WhatsApp Web tanpa harus sering-sering memindai kode QR. Semua metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi sesuaikan saja dengan preferensi Anda, ya.