Cara Mudah Membuat Video TikTok Kamu Masuk FYP

Platform berbagi video, TikTok, kini semakin banyak penggunanya. Di masa pandemi ini khususnya orang mencari tempat untuk berekspresi, dan TikTok merupakan salah satu media yang dapat memfasilitasi kebutuhan tersebut.

Jika Anda baru mengenal TikTok, ada beberapa istilah yang harus Anda ketahui. FYP adalah salah satunya. Singkatan dari halaman “Untuk Anda”, FYP adalah halaman yang muncul saat pertama kali Anda membuka aplikasi. Halaman ini menampilkan konten dari pengguna lain yang direkomendasikan untuk Anda.

Jenis konten apa yang ditampilkan di FYP?

Dilaporkan kemudian, TikTok merilis faktor-faktor yang menentukan jenis konten apa yang “jatuh” ke FYP setiap pengguna, dan mereka termasuk yang berikut:

  • Interaksi pengguna: video tersebut sesuai dengan apa yang kamu sukai, yang kamu komentari, akun yang kamu follow, dan konten yang kamu buat;
  • Informasi video: meliputi caption, audio yang digunakan, dan hashtag;
  • Setelan akun: meliputi preferensi bahasa, negaramu, dan tipe perangkat yang kamu pakai.

Lalu bagaimana caranya agar video TikTok Anda masuk FYP ke orang lain? Ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Yuk simak berikut ini!

1. Buatlah video yang kreatif dan berkualitas tinggi

Syarat pertama untuk tampil di FYP adalah kamu harus membuat video yang kreatif dan menarik. Pastikan ide Anda unik, dan tidak hanya meniru ide orang lain. Dengan begitu, orang akan penasaran.

Berita Lainnya  CEO Instagram Sebut IG Bukan Lagi Aplikasi Untuk Berbagi Foto

Juga, periksa kualitas video yang Anda unggah. Gambar jernih, diambil dengan angle yang bagus, dan warna yang menarik pasti lebih atraktif.

Anda tidak perlu smartphone atau kamera yang bagus untuk membuatnya. Rata-rata kamera smartphone kini sudah bisa memenuhi kualitas video di TikTok. Anda hanya perlu memolesnya dengan pelepasan yang halus.

2. Buatlah video yang singkat namun jelas tujuannya

Banyak orang sering beranggapan bahwa semakin panjang videonya, semakin menarik kontennya. Tapi ternyata tidak, lho. Dilaporkan oleh Influencer Marketing Hub, bahkan video panjang pun dapat dilewati oleh pengguna.

Jadi, buatlah video pendek namun dengan tujuan dan niat yang jelas. Jangan lupa, Anda harus menyertakan unsur kejutan atau rasa penasaran pada video Anda agar mereka betah menontonnya.

3. Jangan lupa tambahkan hashtag di videomu

Kalau begitu, jangan lewatkan hashtag, oke! Ini adalah salah satu cara termudah untuk menemukan video Anda di TikTok. Sertakan tagar populer sehingga TikTok dapat menambahkan video Anda ke FYP orang yang mencarinya.

Yang lain berpendapat bahwa tagar #foryou atau #foryoupage harus ditambahkan agar video dapat dilihat di FYP. Namun belum ada yang bisa membuktikan keefektifannya. Yang jelas, Anda harus mencari hashtag yang sedang trending dan viral lalu menyematkannya di video yang relevan.

4. Pakai musik yang sedang viral di TikTok

Musik adalah salah satu elemen terpenting dari video TikTok. Itu sebabnya platform memberi Anda banyak pilihan untuk musik dan Anda tidak akan mendapatkan hak cipta saat menggunakannya.

Tidak hanya itu, menambahkan musik yang sudah banyak digunakan dalam video TikTok juga dapat meningkatkan peluang video Anda menjadi FYP. mengapa demikian? Algoritme TikTok akan membaca konten dan menyajikannya ke FYP yang selera musiknya cocok dengan video Anda.

Berita Lainnya  Cermati 10 Tips Ini Sebelum Membeli Printer

5. Ikutilah tren yang sedang diminati pengguna TikTok

Tren TikTok tidak ada habisnya. Hampir setiap hari, ada sesuatu yang baru yang populer dan lazim di platform. Nah, sebagai pembuat konten yang cerdas, Anda harus bisa membaca tren ini.

Anda tidak harus selalu mengikutinya. Tetapi pilih arah yang sesuai dengan preferensi Anda dan buat bagian yang unik. Perkenalkan sebanyak mungkin elemen yang berbeda dari video lain sehingga video Anda lebih menonjol.

6. Video yang relatable dan engaging akan terlihat lebih menarik

Jika Anda ingin masuk ke program FYP, penting untuk membuat video yang menarik dan melibatkan orang lain. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa orang lain dapat memahami, memahami, dan mungkin mengalami hal yang sama seperti Anda.

Biasanya, video seperti ini menarik banyak penonton. Dengan cara ini, peluang masuk FYP lebih besar.

7. Jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengan pengguna lain

Terakhir, sebagai pembuat konten, penting juga untuk “melihat” di sekitar Anda. Pastikan Anda berinteraksi dengan pengikut Anda dan pembuat konten lainnya. Baik dengan saling suka, komentar, dll. Dengan melakukan ini, orang akan mengenal Anda lebih baik dan tertarik melihat karya Anda.

Nah, itulah 7 cara yang bisa kamu terapkan untuk FYP di TikTok. Harap dicatat bahwa tidak semuanya dapat berfungsi karena algoritme setiap orang berbeda. Anda harus rajin mengeksplorasi untuk menemukan gaya yang cocok untuk Anda. Selamat berbisnis, ya!