Jangan Panik ! Begini Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Kena Hack

Meski dilengkapi dengan sistem keamanan dan privasi yang baik, WhatsApp kerap menjadi sasaran peretasan atau hacking. Umumnya aplikasi chat ini dipilih oleh para hacker karena terhubung dengan akun lain. Selain itu, WhatsApp juga memiliki jumlah pengguna yang sangat besar di dunia.

Di Indonesia, terdengar beberapa kasus peretasan WhatsApp yang berakibat fatal. Salah satu efek terburuk adalah kehilangan sejumlah uang dari e-wallet atau rekening bank Anda.

Hacking bisa terjadi pada siapa saja. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya Anda mengetahui beberapa cara yang biasa dilakukan untuk memulihkan akun WhatsApp yang diretas.

Sebelum membahas cara mengembalikan WhatsApp yang diretas, sebaiknya ketahui dulu tanda-tanda akun kita diambil alih oleh peretas. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Sering keluar dari akun dengan sendirinya;
  • Dari smartphone orang lain, terkadang kamu terlihat “online” padahal kamu tidak sedang mengaksesnya;
  • Kamu baru saja mendapatkan pesan berisi link mencurigakan, terutama dari orang yang tak dikenal;
  • Pesan yang sebenarnya baru masuk telah terbaca dengan sendirinya padahal kamu belum membuka;
  • Tiba-tiba mendapatkan OTP dari WhatsApp padahal kamu tidak log out ataupun log in ke akunmu;
  • Akun WhatsApp mengirimkan pesan tanpa sepengetahuan kita;
  • Ada pemberitahuan bahwa kamu baru saja log out atau tidak terdaftar lagi di WhatsApp pada smartphone;
  • Akun tersebut tidak bisa diakses lagi.

Nah, ketika Anda mendapatkan beberapa tanda di atas, Anda pasti curiga. Apalagi jika Anda sudah tidak bisa lagi mengakses akun tersebut. Jika hal ini terjadi, segera lakukan tindakan terhadap hal-hal berikut ini.

Berita Lainnya  Daftar 7 Browser Terbaik dengan VPN Bawaan di HP Android

1. Uninstall WhatsApp kemudian install kembali

Upaya pertama yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan akun WhatsApp yang diretas adalah menginstal ulang aplikasi. Ini bertujuan untuk memulihkan akun dari smartphone peretas. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Uninstall aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone kamu;
  2. Install kembali dengan mengunduhnya lewat Play Store atau App Store;
  3. Log in ke akunmu seperti biasa;
  4. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor teleponmu;
  5. Jika diminta, masukkan PIN verifikasi yang telah kamu buat sebelumnya.

Setelah berhasil melakukan cara ini, akun Anda yang digunakan oleh hacker akan otomatis logout. Karena WhatsApp hanya bisa digunakan di satu akun.

2. Segera lapor ke WhatsApp jika kamu tak berhasil merebut akunmu kembali

Misalkan Anda melakukan hal di atas. Tetapi peretas lebih canggih dari yang Anda kira, jadi tidak mungkin memulihkan akun Anda. Lalu apa yang Anda lakukan?

Jangan panik, langkah terbaik yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menginformasikan ke WhatsApp. Dengan cara ini, aplikasi mengetahui bahwa akun Anda tidak berada di tangan yang tepat. Langkah ini penting untuk mengaktifkan kembali akun WhatsApp Anda.

Hubungi WhatsApp melalui email support@whatsapp.com. Buat laporan kehilangan, dan pastikan untuk mencantumkan “Hilang/Dicuri” pada subjek email. Saat di badan email, sebutkan bahwa Anda meminta untuk menonaktifkan akun. Sebutkan dalam bahasa Inggris agar WhatsApp membalas email Anda dengan cepat.

Menonaktifkan sama dengan menghapus akun WhatsApp. Dengan cara ini, baik Anda maupun peretas tidak akan dapat mengaksesnya. Cara ini cenderung lebih aman daripada membiarkan akun Anda di tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Mengaktifkan kembali WhatsApp

Setelah dinonaktifkan, Anda dapat mengaktifkan kembali akun WhatsApp Anda dengan nomor yang sama tetapi dengan akun email yang berbeda. Anda dapat mengirim permintaan ini ke WhatsApp melalui email yang sama yang disebutkan di atas.

Berita Lainnya  Begini Cara Membersihkan iPhone Anda

Sesuai laporan The Quint, WhatsApp biasanya menyediakan kode enam digit yang harus dimasukkan saat Anda mendaftar lagi. Selanjutnya, pastikan untuk mengamankan akun Anda dengan metode di poin berikutnya.

4. Cara membuat akun WhatsApp lebih aman agar terhindar dari serangan hacker

Sebenarnya, daripada menunggu WhatsApp diretas, cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari peretasan adalah dengan mencegah serangan tersebut. Ada beberapa cara yang harus kita lakukan untuk menghindari hacker. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Jangan pernah membagikan kode OTP kepada orang lain;
  • Aktifkan fitur two-step verification yang ada di Settings. Dengan begitu, kita harus memasukkan enam digit PIN secara berkala dan saat ingin log in;
  • Selalu cek perangkat apa saja yang terdaftar di WhatsApp Web kamu. Segera log out ketika ada perangkat yang bukan milikmu;
  • Sebaiknya hindari membuka WhatsApp ketika menggunakan Wi-Fi publik yang tidak terpercaya;
  • Jangan membuka link mencurigakan, terutama dari orang yang tak dikenal.

Jadi, ini adalah cara mengembalikan akun WhatsApp Anda yang baru saja diretas. Jangan lengah dan lakukan upaya pencegahan hack yang disebutkan di atas, ya!