Ternyata Mudah ! Begini Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Tak Sengaja Terhapus

Jari “tergelincir” saat memainkan HP adalah kejadian yang biasa kita lihat setiap hari. Namun hal ini menjadi masalah besar ketika Anda menghapus percakapan penting di WhatsApp (WA) karena hal tersebut.

Ada beberapa alasan untuk menghapus obrolan WhatsApp. Pertama, saya tidak sengaja menekan “hapus semua obrolan” atau “hapus untuk saya”. Bisa juga karena ponsel Anda rusak, tidak sengaja direset, atau saat Anda mengganti ke smartphone baru.

Tapi jangan khawatir, IDN Times menawarkan beberapa tips atau cara memulihkan obrolan WhatsApp yang terhapus. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Kamu membutuhkan file backup untuk mengembalikan chat yang terhapus

Cara termudah untuk memulihkan obrolan WhatsApp yang dihapus adalah dengan menggunakan file cadangan. Aplikasi ini menyediakan beberapa opsi backup, yaitu setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, dan tidak sama sekali.

Lokasi cadangan juga bervariasi. Namun biasanya untuk ponsel Android, WhatsApp menyimpan file di Google Drive. Untuk iPhone, Anda dapat mencadangkan ke iCloud. Nah, sekarang lihat pengaturan cadangan. Buka Pengaturan > Obrolan > Obrolan Cadangan.

Jika obrolan Anda yang dihapus memasuki periode pencadangan terakhir, itu berarti Anda dapat memulihkannya dengan mudah. Namun jika tidak disertakan atau Anda belum melakukan backup sama sekali, jangan khawatir, ada alternatif lain di poin keempat. Simak terus !

2. Mengembalikan chat melalui Google Drive

Cara ini bisa diterapkan jika Anda pengguna ponsel Android. Dengan catatan, saya juga membuat cadangan sebelumnya, ya. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Uninstall WhatsApp dari perangkat yang kamu gunakan;
  2. Download ulang melalui Google Play Store;
  3. Log in seperti biasa dan lakukan verifikasi nomor telepon;
  4. Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi untuk “Restore” atau “Pulihkan” melalui Google Drive. Iyakan perintah tersebut dan klik Next;
  5. WhatsApp akan mengembalikan semua chat yang ada di file backup, termasuk yang telah terhapus olehmu.
Berita Lainnya  Waspada ! Lindungi Komputer Kamu Dengan Antivirus

3. Memulihkan chat yang terhapus melalui iCloud

Jika cara sebelumnya berlaku untuk pengguna ponsel Android, cara selanjutnya adalah untuk pengguna iPhone atau perangkat iOS lainnya. Tidak jauh berbeda, ikuti langkah-langkah pemulihan obrolan yang dihapus ini:

  1. Kamu harus uninstall WhatsApp terlebih dahulu;
  2. Install kembali, buka, dan log in seperti biasa;
  3. Ketika muncul perintah untuk “Restore” atau “Pulihkan” chat, klik Next;
  4. WhatsApp akan mengambil file backup yang tersimpan di iCloud;
  5. Tunggu beberapa saat. Setelahnya, semua chat akan kembali seperti semula sesuai yang ada di dalam file backup.

4. Jika tidak pernah melakukan backup, ada cara lain untuk memulihkan chat yang terhapus

Nah, apakah Anda pernah membuat cadangan atau obrolan yang dihapus tidak ada di file? Jika itu masalahnya, maka jangan khawatir, ada satu metode terakhir yang bisa menjadi milik Anda untuk memulihkan obrolan WhatsApp.

Menurut laporan Mega Interesting, ternyata secara default aplikasi selalu membuat salinan obrolan di penyimpanan seluler lokal kami. File dibuat setiap hari pada pukul 02:00 dan hanya disimpan selama seminggu. Jadi Anda punya waktu tujuh hari untuk mengembalikannya.

Sekedar info, cara ini tidak bisa di iPhone ya. Untuk mencobanya, lihat langkah-langkah berikut yang dilaporkan oleh Gadget 360:

  1. Masuklah ke File Manager di HP, kemudian masuk ke WhatsAppp Database folder;
  2. Pilih folder “msgstore.db.crypt12”, ubah namanya menjadi “msgstore_BACKUP.db.crypt12”. Folder tersebut berisi backup terakhir yang dilakukan oleh WhatsApp;
  3. Di dalam folder tersebut terdapat banyak file backup dengan nama “msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt12”. Pilih yang paling baru dan ubah namanya menjadi “msgstore.db.crypt12”;
  4. Bukalah Google Drive dan hapus file backup WhatsApp yang tersimpan di sana. Dengan begitu, aplikasi dipaksa untuk memulihkan backup pada penyimpanan lokal;
  5. Uninstall WhatsApp dan install lagi. Saat muncul perintah untuk “Restore” atau “Pulihkan” chat, aplikasi akan mengambil file dari HP kamu;
  6. Klik Next atau Restore, dan chat yang terhapus akan kembali lagi.
Berita Lainnya  CEO Instagram Sebut IG Bukan Lagi Aplikasi Untuk Berbagi Foto

5. Backup itu penting, jangan malas melakukannya!

Ini adalah cara memulihkan obrolan WhatsApp yang dihapus dengan mudah. Dari penjelasan ini, Anda dapat mengetahui bahwa backup sangat penting terutama di saat darurat seperti ini.

Kami menyarankan untuk membuat cadangan setidaknya seminggu sekali. Dengan begitu, permasalahan di atas dapat diatasi dengan mudah dan cepat, tanpa harus melalui cara-cara yang rumit seperti pada poin keempat.