7 Tips Merawat Kulit Bebas Jerawat

Memiliki jerawat yang menjijikkan terkadang cukup mengganggu. Bahkan, itu adalah faktor besar untuk menderita harga diri rendah terutama pada orang-orang muda yang fokus utamanya pada masa pubertas adalah atribut fisik. Mencegah timbulnya jerawat bukanlah hal yang mudah, itulah sebabnya meskipun Anda tahu segalanya tentang pengendalian jerawat, jerawat masih muncul sesekali.

Bagaimana cara menjaga kulit bebas jerawat?

Berikut caranya:

1. Jangan menusuk area yang terkena jerawat.

Menyentuhnya dengan tangan kosong dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut. Tangan yang kotor membawa mikroorganisme yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan jerawat. Jadi agak aman untuk menjauhkan tangan atau benda lain dari wajah Anda untuk menghambat peradangan jerawat dan jaringan parut pada kulit juga.

2. Hindari penggunaan produk berbahan dasar minyak pada rambut Anda.

Laki-laki dan perempuan memakai produk rambut untuk meningkatkan penampilan mereka. Dokter kulit mungkin setuju bahwa produk tersebut aman untuk kulit kepala, namun produk kecantikan yang mengandung bahan kimia ini meluncur ke bawah ke wajah Anda saat Anda berkeringat. Cairan turun ke jerawat sehingga memperburuk area kulit yang sudah terkena.

3. Minimalkan penggunaan kosmetik di atas jerawat.

Sangat mengkhawatirkan mengetahui bahwa meskipun produk kecantikan dapat menyembunyikan jerawat Anda, itu meningkatkan risiko infeksi. Kombinasi senyawa keras pada makeup foundation Anda dan bakteri yang menyertai spons (jika foundation yang Anda gunakan tidak baru dibuka) memperburuk jerawat. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk memakai make up, Anda harus menghindari make up merek generik tersebut. Beberapa merek make up generik tidak menyebutkan bahan kimia keras yang ada dalam produk.

Berita Lainnya  Sepatu Uji Coba Olimpiade 1984 Michael Jordan Akan Dijual di Lelang Sotheby

4. Jika Anda menggunakan pembersih wajah atau toner berbasis alkohol dan minyak, istirahat akan meminimalkan peradangan kulit.

5. Hindari benda yang mungkin mengandung mikroorganisme untuk menyentuh wajah Anda.

Ini termasuk rambut Anda yang tidak terawat, saputangan kotor, handuk, dan bahkan bantal. Satu-satunya cara untuk mengontrol perpindahan organisme ke wajah Anda dari bahan asal adalah dengan selalu menjaga rambut Anda di sanggul atau menggunakan karet rambut yang akan menjauhkannya dari wajah Anda, sarung bantal segar untuk bantal Anda, dan handuk bersih dan sapu tangan untuk menyeka wajah Anda.

6. Salep yang dijual bebas dapat dibeli dari toko obat setempat.

Krim atau salep topikal yang mengandung benzoil peroksida adalah pilihan terbaik Anda untuk menghilangkan jerawat yang tidak diinginkan itu. Beberapa dokter kulit merekomendasikan krim produk berbasis tretinoin di atas benzoil peroksida karena ancaman iritasi pada kandungan peroksida. Tergantung pada seberapa sensitif kulitnya, Anda dapat memilih dari keduanya.

7. Jika jerawatnya parah, kunjungan ke dokter kulit diperlukan.

Dokter kulit akan meresepkan antibiotik oral untuk dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Atau jika berlaku, gel adapalen akan diresepkan oleh dokter kulit untuk Anda gunakan selama jangka waktu tertentu. Pemantauan ketat terhadap obat diperlukan karena seperti obat resep lainnya, obat ini dapat memicu alergi yang tidak diketahui.