6 Tips Cara Menghilangkan Jerawat

Meskipun berjerawat adalah hal yang normal, terutama bagi remaja, orang tidak bisa tidak mencari cara untuk menghilangkan jerawat. Beberapa menemukan cara bagaimana merawatnya dengan murah sementara yang lain benar-benar menghemat cukup uang sehingga mereka dapat membayar perawatan kulit wajah mahal yang menenangkan yang dapat dicairkan di kebanyakan salon kecantikan. Tetapi bagi mereka yang memiliki jadwal padat, dan tidak dapat menemukan waktu untuk mengunjungi salon wajah atau klinik dokter kulit, berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan jerawat Anda.

  • Hindari memencet atau memencet jerawat Anda dan sebisa mungkin mencegah diri Anda dari menyentuh jerawat Anda terutama dengan tangan yang tidak bersih. Semakin banyak Anda menyentuh atau memeras nanah dari jerawat Anda, semakin banyak sebum yang akan dihasilkan kulit Anda. Ini akan memakan waktu lebih lama sebelum jerawat dan komedo Anda hilang karena peradangan dan iritasi yang mungkin terjadi.
  • Cuci muka secara menyeluruh minimal dua kali sehari. Kebersihan wajah yang tepat adalah cara terbaik untuk menghilangkan jerawat sekaligus mencegah munculnya jerawat. Gunakan sabun wajah yang tidak mengandung minyak atau sabun yang tidak bersifat asam.
  • Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelah mencuci muka dengan sabun berbahan dasar sulfur yang didesain khusus untuk orang yang berjerawat. Mencuci dapat menghilangkan lipid alami dan kulit Anda, jadi gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda (sensitif, normal atau kering) agar tubuh Anda tidak memproduksi minyak ekstra yang dapat menyebabkan kulit Anda lebih rentan berjerawat.
  • Kebanyakan orang beralih ke produk over-the-counter yang dibuat untuk melawan jerawat. Ini adalah solusi pertama yang mereka pikirkan tentang cara menghilangkan jerawat secara instan. Ada beberapa krim topikal yang tidak memerlukan resep dokter. Namun, pastikan krim yang akan Anda gunakan tidak menyebabkan alergi yang bahkan dapat memperburuk dilema wajah Anda saat ini.
  • Jika Anda melakukan aktivitas detoksifikasi seperti yoga atau olahraga, pastikan Anda menyeka keringat dari wajah Anda segera setelah aktivitas tersebut.
  • Gunakan krim yang mengandung benzoil peroksida sebagai bahan aktif. Namun perlu diingat bahwa produk anti jerawat ini pun tetap dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering meskipun membantu dalam penyembuhan jerawat Anda sehingga Anda tetap perlu menggunakan pelembab. Semakin kuat obatnya, semakin tinggi persentase benzoil peroksida yang dikandungnya. Beberapa pengguna bersaksi bahwa menggunakan krim dengan benzoil peroksida adalah salah satu solusi terbaik tentang cara menghilangkan jerawat.
Berita Lainnya  10 Langkah Mudah Untuk Mencerahkan Kulit

 

Ketika semuanya gagal, konsultasikan dengan dokter kulit terpercaya Anda yang akan memberi Anda saran dan obat-obatan tentang cara menghilangkan jerawat.

Selalu ingat bahwa meskipun tips ini berhasil untuk beberapa orang, itu tidak berarti bahwa itu juga berhasil untuk Anda. Solusi mana pun yang terbaik untuk Anda, simpan sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Apa pun teknik yang Anda pilih untuk menghilangkan jerawat, Anda harus ingat bahwa masalah jerawat Anda tidak akan pernah selesai dalam semalam.