5 Tempat Misterius dan Terpencil Yang Ada Di Bumi

Masih banyak misteri yang menunggu untuk dipecahkan di banyak bagian planet ini. Para ilmuwan sedang mencoba untuk menemukannya dengan bantuan ilmu pengetahuan saat ini. Berikut adalah lima tempat misterius dan terpencil di Bumi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Kalachi, tempat dengan penyakit tidur aneh

Kalachi terletak di Akmola, Kazakhstan utara, sekitar 230 mil barat laut ibu kota, Astana. Kejadian ini dimulai pada tahun 2013 di awal musim semi, dan secara acak orang mulai mengalami gejala aneh seperti pusing, sakit kepala dan mual.

Sebuah tim dari universitas ini melakukan penelitian yang dipimpin oleh Profesor Byron Crabb, seorang ahli epidemiologi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti, mereka akhirnya membuat hipotesis sebagai berikut:

“Dalam studi kami tentang sindrom Kalachi, kami menerapkan metode pemodelan ilmiah untuk menemukan pola. Kami mempelajari secara rinci perbedaan antara mereka yang mengalami ‘penyakit tidur’ dan mereka yang tidak.

Selama analisis jangka panjang, kami mengecualikan lusinan hipotesis yang menunjukkan bahwa penyakit tersebut dapat terkait dengan pola makan, penyakit kronis, atau kebiasaan buruk penduduk desa.

Tetapi kemudian kami menemukan bahwa semua penduduk Kalachi meminum air mereka dari satu sumber – dari pompa bawah tanah setempat yang memompanya dan menjualnya kepada sesama penduduk desa.

Tentu saja, air dibeli untuk uang, jadi air ini tidak diberikan kepada hewan peliharaan. Profesor Cripp mengatakan hewan-hewan itu meminum air sungai, yang menjelaskan mengapa mereka tidak berhibernasi.

Ladang Hidrotermal Dallol

Menurut Volcano Discovery, Dallol terletak di bagian terpencil dari Depresi Danakil utara di Ethiopia. Dallol adalah tempat terpanas di Bumi dengan suhu rata-rata 30°C, dengan danau air asin yang panas.

Namun, Dallol memiliki pemandangan alam yang indah dengan nuansa warna yang berbeda dan ada danau kuning, gunung hitam dan danau biru akibat letusan gunung berapi termal pada tahun 1926.

Pintu Neraka di Turkmenistan

Dilansir National Geographic, Kawah Darvaza merupakan kawah terbuka yang terletak di gurun Turkmenistan. Lubang ini muncul karena runtuhnya rig pengeboran Soviet, sehingga mereka membakarnya untuk mencegah penyebaran gas.

Pada 2013, George Coronis, dalam ekspedisi yang didanai sebagian oleh National Geographic dan didukung oleh perusahaan perjalanan Kensington Tours, menjadi orang pertama yang memasuki lubang sedalam 225 kaki.

Ada sampling untuk melakukan penelitian apakah ada organisme yang bisa bertahan hidup di kondisi ekstrim tersebut atau di tempat lain dengan kondisi serupa di alam semesta.

Challenger Deep, tempat terdalam di Bumi

Challenger Deep adalah tempat terdalam di Bumi, dengan ketinggian sekitar 11.000 meter. Ekspedisi Challenger tahun 1890 menemukan bahwa Challenger Deep memiliki ukuran yang hampir sama dengan gabungan Massachusetts, Connecticut, dan Rhode Island. Sementara itu, Murray menerbitkan peta pada tahun 1912 dengan ukuran lebih besar 129.000 mil persegi atau hampir empat kali luas Danau Superior.

Poin Nemo si pulau paling terpencil di Bumi

Terletak di Samudra Pasifik, Nemo Points adalah pulau kecil yang lebih dekat ke stasiun luar angkasa atau ISS saat Anda berada di Nemo Points, daripada daratan terdekat.

Point Nemo dilaporkan oleh halaman Ocean Service pada koordinat 48°52.6′LS 123°23.6′W, sekitar 2.688 km dari daratan terdekat, Pulau Ducie, bagian dari Kepulauan Pitcairn, di utara; Motu Nui, di Kepulauan Paskah, di timur laut; dan Pulau Maher, bagian dari Antartika, di selatan.

Planet kita begitu besar sehingga masih menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan, dan ini juga membuktikan skala ciptaan Tuhan dan betapa kecilnya kita sebagai manusia. Selain menunggu para peneliti mengungkap misteri tersebut, kita memiliki kewajiban untuk melestarikan dan melindungi planet kita, agar tetap bisa dinikmati di masa depan.

Berita Lainnya  Mengalami Evolusi Membuat 10 Hewan ini Mempunyai Tubuh Transparan